Kamis, 19 September 2013

BUSUK RIMPANG DAN PENYAKIT KUNING PADA JAHE

Gejala dan penyebab
Busuk rimpang pernah merupakan penyakit yang ditemukan dalam jumlah terbatas. Di lapang gejala yang terlihat pada bagian tanaman yang terdapat di permukaan tanah berupa daun menguning dan tersebar secara acak dalam populasi yang relatif terbatas. Bagian yang terserang adalah rimpang yang sudah cukup dewasa, dan biasanya sulit dibedakan dengan layu bakteri. Cara yang biasa dilakukan untuk mengenal gejala ini adalah mencabut batang yang menunjukkan gejala. Pada busuk rimpang batang relatif masih kuat tertahan pada rimpang dan tidak berbau, sebaliknya untuk busuk rimpang yang disebabkan bakteri.

Penyebab busuk rimpang diduga disebabkan oleh beberapa jenis cendawan, antara lain kelompok Rhizoctonia sp. (Mulya dan Oniki 1990). Miftakhurohmah dan Noveriza (2009) mendapatkan beberapa cendawan dari rimpang jahe, dan Fusarium sp. relatif dominan selain jamur-jamur kontaminan yang umum yaitu Aspergilus, Rhizhopus dan Penicillium. Semangun (1989, 1992) dan Soesanto et al. (2003) dalam Soesanto et al. (2005) menyatakan Fusarium oxysporum Schlecht f.sp. zingiberi Trujillo sebagai penyebab utama busuk rimpang jahe. Di Indonesia cendawan Pythium belum pernah dilaporkan, tetapi di India dan Australia cendawan Phytium merupakan jenis yang dominan menyebabkan busuk rimpang jahe dan dapat menimbulkan kerusakan secara luas khususnya pada pertanaman jahe di dataran tinggi (Dobroo 2005). Demikian juga yang terjadi di Australia.

Pengendalian

Saran pengendalian yang dianjurkan adalah menggunakan benih jahe yang sehat dan perendaman ke dalam fungisida perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran patogen yang terbawa benih di lapang. Fungsida dengan bahan aktif mancozeb, metiltiofanat, atau fungisida lainnya yang bekerja secara kontak dapat digunakan. Mengurangi lalu-lalang di pertanaman jahe di lapang untuk menghindari penyebaran; monitoring secara berkala disertai sanitasi dan eradikasi perlu dilakukan untuk menghindari penyebaran lebih luas.

2 komentar:

  1. postingan yang bagus banget...semoga bermanfaat, ditunggu postingan selanjutnya. salam kenal dari:Jual Benih Sayuran

    BalasHapus